Hasil Piala Eropa 2016: Austria vs Hungaria 0-2, Kejutan The Magyars

Gol Adam Szalai dan Zoltan Stieber memberikan kemenangan bagi The Magyars setelah menghilang 44 tahun dari putaran final Euro. Skor Hungary vs Austria ini juga diwarnai oleh kartu merah Aleksandar Dragovic, yang membuat Austria bermain 10 orang dalam 34 menit terakhir.
Bermain di Stade Matmut-Atlantique (Bordeaux), Austria sejatinya lebih diunggulkan. Pasalnya pasukan Marcelo Koller datang ke Euro 2016 sebagai juara dari babak kualifikasi. Belum lagi fakta bahwa tim ini memiliki segudang pemain yang mentas di Bundesliga. Kontras dengan Hungaria yang lebih bercita rasa lokal.

Austria tampak di atas angin ketika di menit kedua, David Alaba mengirim tembakan kencang dari jarak 30 yard. Ketika kiper Gabor Kiraly seakan takluk, bola mengenai badannya lantas membentur tiang. Selamatlah gawang Hungaria. Namun The Magyars tidak mau berdiam diri dalam menangani sang lawan. Mereka memeragakan permainan yang cukup berimbang.
Menit 36, Austria kembali nyaris mencetak gol. Bola kiriman Marc Janko mengarah pada Si Nomor 10 Zlatko Zunujovic yang lantas menembak ke sudut mematikan. Tapi Kiraly yang hari ini memecahkan rekor sebagai pemain tertua di Euro sepanjang masa, bereaksi cemerlang. Skor 0-0 dibawa hingga turun minum.

Setelah semua kejadian di paruh pertama, Hungaria tampaknya yang lebih berkembang. Menit 56, Balasz Dzsudzsk mengirim tembakan yang menguji kemampuan Robert Almer. Sang kiper Austria bisa mencegak gol di sini, tapi delapan menit kemudian gawangnya terkoyak. Laszlo Kleinheisler dan Adam Szalai bekerjasama umpan satu-dua. Szalai bisa mengerjai dua bek tengah Austria lantas mendahului sergapan Almer dengan cocoran mematikan. 1-0.
Ketegangan merayap ke kubu Austria. Mereka panik. Aleksandar Dragovic melanggar keras Tamas Kadar di kotak penalti, sebelum tembakan Martin Hinteregger masuk ke gawnag Hungaria. Gol ini tidak disahkan wasit, malah Dragovic yang diusir wasit keluar lapangan karena sudah mengantongi dua kartu kuning.

Austria terpaksa bermain terbuka untuk mengejar skor, sementara Hungaria terus memanfaatkan gerakan mereka. Puncaknya di menit 87. Umpan jitu pemain pengganti Tamas Priskin menerobos barisan belakang Austria yang terlalu agresif. Sesama pemain pengganti Zoltan Stieber menyambut umpan ini, menggiring bola, lantas mengirim bola chip di atas kepala Almer untuk skor 2-0.
Tidak ada yang bisa dilakukan lagi oleh Austria. Hungaria mendadak berubah jadi kuda hitam menakutkan di Euro 2016.

Austria (4-2-3-1): Almer; Klein, Dragovic, Hinteregger, Fuchs; Baumgartliner, Alaba; Harnik (Schopf 78), Junozovic (Sabitzder 60), Arnautovic; Janko (Oktotie 64)
Hungaria (4-1-4-1): Kiraly; Fiola, Guzmics, Lang, Kadar; Gera; Nemeth (Pinter 90), Nagy, Kleinheisler (Stieber 81), Dzsudzsak; Szalai (Priskin 69)
Kartu Merah: Aleksandar Dragovic 66
Gol: Adam Szalai 62, Zoltan Stieber 87

lafontepizze.com bola online Sumber: Sidomi